Pemberian Pupuk untuk Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga

 Pemberian Pupuk Untuk Bunga Mawar, Agar Cepat Berbunga


Agrotek.id

Pamor bunga mawar merah sebagai pelambang kasih sayang sudah tidak perlu diragukan lagi. Bunga ini pun kerap kali dijadikan senjata kaum adam ketika ingin memberikan persembahan kepada sang kekasih hati. Tapi apakah anda tahu bagaimana cara menumbuhkan sebatang bunga mawar?

Asal Usul Bunga Mawar

Bunga mawar berasal dari jenis tanaman semak berduri. Tumbuhan mawar diyakini berasal dari dataran China, Timur Tengah, dan daratan Eropa Timur. Bunga ini pertama kali dibudidayakan oleh para petani China. Bunga mawar menjadi lambang kehidupan manusia karena menjadi salah satu bahan baku kecantikan wanita pada zaman itu.

Jenis mawar pun terbagi dua jenis dalam kategori duri. Semak mawar yang tidak memiliki duri cenderung tidak memiliki kembang. Sedangkan bunga mawar yang cantik selalu dilindungi duri. Bunga mawar memiliki duri yang menghadap bawah pada bagian batang.

Cara Merawat dan Memberi Pupuk Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga

  1. Kondisikan Lingkungan Sesuai Dengan Habitatnya

Berdasarkan daerah asalnya, bunga mawar tumbuh pada kondisi geografis suhu rendah dengan tingkat pencahayaan matahari tinggi. Anda dapat mengecek kembali apakah lingkungan anda memiliki suhu rata-rata 22֯C. Selanjutnya, anda dapat memposisikan tanaman anda berada pada lahan yang terpapar cahaya matahari sepanjang hari.

  1. Gunakan Media Tanam Porous

Tanaman mawar pada kondisi semak memiliki akar tunggang. Pada fase pengembangan lebih lanjut, mawar tanaman hias diokulasi sehingga memiliki akar serabut. Jika anda berencana menanam mawar dengan akar serabut, kondisikan media tanam anda memiliki tekstur porus. Anda dapat memilih media tanam seperti campuran tanah dan kompos serta pasir.

  1. Nutrisi Cukup Dan Tidak Berlebih

Nutrisi tanaman bunga mawar bisa anda berikan melalui pupuk. Pupuk untuk bunga mawar yang dipilih harus memiliki konsentrasi K (Potassium) tinggi. Kalium akan mempengaruhi hormon tanaman untuk masuk ke dalam fase dewa, yaitu bunga dan pembuahan. Kandungan Kalium dapat anda temukan pada pupuk KCl, pupuk KNO3, dan pupuk ZK.

Hindari pupuk untuk bunga mawar dengan konsentrasi N (Nitrogen) tinggi. Nitrogen memiliki sifat antagonis dengan Kalium. Nitrogen berlebih hanya akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman tapi tidak membuat tanaman masuk ke dalam fase generatif.

  1. Cara Penggunaan Pupuk Untuk Bunga Mawar yang Benar

Anda dapat memberikan pupuk untuk bunga mawar dengan dua cara. Pupuk padat dan pupuk cair. Pupuk padat bisa anda campurkan terlebih dulu dengan media tanam dengan perbandingan 1 : 2. Cara lain untuk memberikan pupuk padat adalah dengan menaburkan nya pada diameter luar perakaran.

Sedangkan untuk pupuk cair, anda bisa melarutkan pupuk pada air. Pastikan konsentrasi larutan pupuk tersebut tidak terlalu pekat dan jernih. Jika larutan terlalu pekat, tanaman cenderung reaktif (kaget) terhadap hara dalam jumlah besar. Sebaliknya, jika pupuk cair terlalu cair (kepekatan tidak standar) tidak akan memberikan efek nutrisi yang signifikan.


Pro tips merawat dan menumbuhkan bunga mawar sampai di sini dulu. Ayo evaluasi metode mana yang salah dan masih anda terapkan. Mari beralih menggunakan pupuk untuk bunga mawar sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Sampai berjumpa di artikel pro tips lainnya ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel