Panduan Budidaya Lebah Madu Yang Harus Diketahui Pemula

Panduan Budidaya Lebah Madu Yang Harus Diketahui Pemula


image by : theconversation.com



Budidaya lebah madu bisa menjadi salah satu usaha peternakan yang cukup menjanjikan dengan potensi keuntungan yang cukup menarik. Terlebih harga madu yang relatif tinggi maka tidak mengherankan apabila semakin banyak orang yang tertarik untuk menekuni usaha peternakan lebah madu. Berbudidaya ternak lebah madu termasuk gampang-gampang susah. Anda memang tidak perlu memberikan makan kepada lebah madu karena mereka akan bisa mencari makanan sendiri sekaligus untuk memproduksi madu, namun ternak lebah madu tetap membutuhkan perhatian dan pengawasan yang baik agar produksi madu tetap bisa berjalan optimal.
Cara Budidaya Lebah Madu Yang Perlu Anda Ketahui jika Anda memiliki ketertarikan dalam dunia bisnis ternak lebah madu, berikut ini adalah beberapa cara mudah yang perlu diperhatikan oleh para peternak lebah madu pemula.
1. Mempersiapkan Peralatan Budidaya Lebah Madu Dengan Baik
Sebelum memulai usaha budidaya peternakan lebah madu, terlebih dahulu Anda perlu mempersiapkan alat-alatnya dengan lengkap untuk membuat rumah lebah madu tersebut. Untuk membuat rumah lebah madu, Anda bisa menggunakan kotak kayu yang didalamnya terdapat bingkai-bingkai atau sekat-sekat yang berguna untuk menaruh sarang madu. Selain rumah untuk lebah madu, beberapa perlengkapan lain yang tidak boleh dilewatkan antara lain adalah Alat pengasap untuk menjinakkan lebah madu yang agresif saat pemanenan madu tiba. Pakaian pelindung sengatan lebah yang akan digunakan saat memanen madu. Sarung tangan, penyekat ratu dan koloni lebah, sapu sikat, dan tempat makan lebah di dalam rumah kayu tersebut. Melakukan penanaman beberapa jenis bunga di sekitar tempat budidaya lebah madu yang berfungsi sebagai sumber makanan lebah dan kelancaran pembuatan madu.

2. Pembuatan Rumah Lebah Yang Baik
Cara budidaya lebah madu yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah dengan membuat rumah untuk lebah-lebah madu tersebut. Rumah lebah dibuat dari kayu dengan bentuk kotak dan memiliki ukuran panjang sekitar 30 – 40 cm dan lebar sekitar 25 cm. Kemudian Anda bisa mengisi kotak kayu tersebut dengan beberapa bingkai kayu yang berguna sebagai sarang lebah dan tempat lebah-lebah madu tersebut meletakkan madunya. Agar rumah lebah awet dan tahan lama, Anda bisa membuat rumah lebah ini dari kayu jati yang kuat dan kokoh.

3. Proses Pemilihan Bibit Lebah
Untuk mendapatkan lebah madu, Anda bisa memperolehnya dari petani lebah yang sudah berpengalaman dan menyediakan bibit-bibit lebah unggulan. Bibit lebah yang Anda butuhkan adalah terdiri dari ratu lebah, lebah pekerja, dan juga lebah madu jantan. Bibit-bibit tersebut kemudian dipindahkan ke kotak sarang lebah yang sudah Anda buat sebelumnya. Namun sebelum memindahkan bibit lebah, pastikan bahwa Anda sudah mengoleskan royal jelly pada rumah tersebut sebagai makanan pertama lebah-lebah tersebut.

4. Proses Pemeliharaan Lebah Madu
Memang budidaya lebah madu ini tidak perlu melakukan perhatian secara berlebihan seperti ketika Anda budidaya ternak lainnya. Namun Anda tetap perlu secara rutin mengecek rumah-rumah lebah untuk melihat ancaman serangga seperti rayap yang bisa merusak rumah lebah dan lain sebagainya.Selain itu, Anda juga perlu memotong rumput liar di sekitar rumah lebah agar tidak mengganggu perkembangan lebah dan juga memastikan terdapat cukup banyak tanaman bunga untuk makanan lebah-lebah.

5. Pemanenan Madu
Untuk memanen lebah madu, terlebih dahulu Anda bisa mengasapi rumah lebah yang ingin dipanen agar lebah-lebah tersebut menjauh dari sarang sehingga Anda bisa mengambil madu dengan leluasa. Namun pastikan Anda juga sudah menggunakan pakaian pelindung dan sarung tangan agar terhindar dari sengatan lebah.

Demikianlah beberapa panduan singkat tentang budidaya lebah madu bagi para pemula yang harus diperhatikan. Dengan ulasan di atas, kini Anda tidak perlu bingung jika ingin memulai usaha budidaya ternak lebah madu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel