Dosis Pupuk NPK untuk Tanaman Hias

 Dosis Pupuk NPK Untuk Tanaman Hias, Berapa yang Benar?


                                       Sumber gambar : https://jambi.tribunnews.com

Pasti Anda sudah tak merasa asing dengan pupuk yang satu ini. Ya, NPK adalah salah satu pupuk yang paling banyak digunakan untuk pertumbuhan tanaman. Namun adakah yang tahu berapa dosis pupuk NPK untuk tanaman hias?

Pengertian Serta Dosis Pupuk NPK Untuk Tanaman Hias

NPK merupakan singkatan dari Nitrogen, Posfor dan juga Kalium. Ketiga unsur tersebut diyakini memiliki zat yang dibutuhkan tanaman. Meskipun terbilang pupuk buatan, namun NPK memiliki sejumlah unsur hara yang memang sangat dibutuhkan tanaman. Termasuk diantaranya tanaman hias, yang menjadi salah satu koleksi tanaman terbaik Anda.

Adapun fungsi dari NPK ini diantaranya :

  • Natrium, memiliki fungsi untuk membantu pertumbuhan vegetatif tanaman. Contohnya pertumbuhan daun.

  • Fosfor, berfungsi untuk membantu pertumbuhan tunas dan juga akar, serta

  • Kalium, memiliki peran dalam membantu proses tumbuhnya bunga, hingga proses munculnya buah pada tanaman.

Dengan beberapa fungsi tersebut, tentunya menjadikan NPK menjadi salah satu pupuk favorit, yang menjadi pilihan banyak pecinta tanaman. Meskipun demikian, dosis pupuk NPK untuk tanaman hias ini jelas berbeda dengan dosis yang biasa digunakan untuk tanaman buah-buahan ataupun pohon lainnya. Berapa dosisnya? Anda bisa mengetahuinya dengan menyimak ulasan berikut ini.

Dosis Pupuk NPK Untuk Tanaman Hias untuk Hasil Terbaik


Bagi Anda yang menginginkan tanaman hias tumbuh subur dan cepat berbunga. Ada baiknya untuk menggunakan pupuk NPK dengan dosis yang tepat. Sekedar informasi, saat ini telah banyak NPK yang dijual di pasaran. Dengan brand dan juga komposisi yang berbeda-beda. Misalnya NPK dengan brand Pak tani, NPK Mutiara, dan yang lainnya.

Apapun brand NPK yang Anda pilih, setidaknya Anda harus mengetahui berapa takaran yang tepat untuk tanaman hias Anda. Anda bisa mencari tahu dengan membaca aturan pemakaian yang tertera pada kemasan.

Selain itu, Anda bisa mengetahui dosis pupuk NPK untuk tanaman hias ini dengan menyimak panduan berikut ini. Diantaranya :

  • Pilihlah pupuk NPK dengan komposisi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan tanaman hias Anda. Kali ini kami memilih pupuk NPK dengan komposisi 16-16-16. Dimana pupuk NPK jenis ini memiliki kandungan 16% Natrium, 16% Fosfor, serta 16% Kalium.

  • Anda bisa memilih menggunakan NPK dengan 2 cara, yaitu dengan cara ditaburkan maupun dengan cara dilarutkan. Namun karena dengan cara ditaburkan, umumnya membuat pemakaian NPK lebih cepat habis, serta takaran yang digunakan juga tidak begitu akurat. Maka ada baiknya, Anda menggunakan cara pemberian NPK secara dilarutkan.


Untuk dosis pupuk NPK untuk tanaman hias bisa dengan cara dilarutkan, lalu ikuti langkah di bawah ini:


  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan melarutkan satu sendok pupuk NPK dengan 3 liter air.


  1. Diamkan beberapa saat, ataupun aduk-aduk perlahan hingga NPK bisa larut dalam air. Bentuk pupuk NPK yang berupa butiran, terkadang menyulitkan pupuk ini untuk bisa larut dalam air dengan mudah. Karena itu diperlukan ekstra kesabaran untuk membuat larutan NPK ini.


  1. Jika memang dosis pupuk NPK untuk tanaman hias ini, dirasa tidak mencukupi untuk semua tanaman hias yang Anda miliki. Maka Anda bisa menambahkan NPK lagi. Namun tetap dengan komposisi 1:3. Dalam arti, jika Anda ingin menambah NPK menjadi 2 sendok. Maka air larutan, haruslah ditambahkan menjadi 6 liter. Begitupun seterusnya.


  1. Setelah larutan NPK tersebut siap, Anda tinggal memasukkannya ke botol ataupun tabung spray. Sehingga Anda bisa segera menyemprotkannya ke tanaman hias Anda. selain bisa lebih hemat, pemakaian NPK dengan cara disemprot ini membuat tanaman hias bisa terkena pupuk dengan takaran yang tepat. Dalam arti tidak terlalu banyak.


  1. Anda bisa menyemprotkan larutan NPK ini, dalam jangka waktu 1 kali dalam seminggu.


Demikian informasi mengenai dosis pupuk NPK untuk tanaman hias ini. Semoga bisa membantu Anda yang kini tengah gemar mengoleksi berbagai tanaman hias. Karena meskipun memiliki banyak kegunaan, penggunaan NPK yang tidak tepat. Malah justru akan membuat tanaman hias Anda menjadi layu dan mati. Maka dari itu, perhatikan penggunaan NPK dengan dosis yang benar, untuk tanaman hias dengan hasil yang terbaik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel