Bagaimana Cara Menanam Porang Dari Katak, Berikut Ulasannya!

 Bagaimana Cara Menanam Porang Dari Katak, Berikut Ulasannya!


https://rumahporang.web.id/

Tanaman porang adalah tanaman sejenis umbi umbian dari spesies Amorphophallus muelleri yang memiliki banyak manfaatnya. 

Tanaman Porang juga  digunakan untuk bahan baku tepung, kosmetik, air pembungkus kapsul, bahan mie, tahu, serta bahan pembuatan lem dan jelly yang akhir – akhir ini sering diekspor ke negara Jepang dan China.

Maka dari itu banyak petani yang beralih untuk menanam tanaman ini karena memiliki nilai ekspor yang tinggi. Berikut adalah langkah mudah yang bisa Anda ikuti tentang  cara menanam porang dari katak. Simak ulasan lengkapnya. 


Langkah – Langkah Menanam Porang Dari Katak


Dengan manfaat yang banyak dimiliki oleh tanaman ini, sehingga membuat harga jualnya pun ikut melonjak tinggi. 

Tak heran jika Anda mencoba budidaya tanaman porang maka Anda masih memiliki pasar yang luas untuk bisnis Anda. Jadi tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk menggeluti bisnis porang yang kaya manfaat tersebut. 

Namun sebelum itu Anda harus tahu bagaimana cara menanam porang dari katak atau bijinya yang mudah Anda ikuti langkahnya. 

  1. Perhatikan Syarat Tumbuh Untuk Tanaman Porang

Tanaman yang berasal dari daerah tropis ini tumbuh di bawah tegakan dengan kelembaban yang cukup dengan suhu sekitar 25 derajat hingga 35 derajat celcius serta curah hujan antara 1000 hingga 1500 mm. 

Tanaman porang bisa tumbuh dengan optimal pada ketinggian 100 hingga 600 mdpl dengan intensitas cahaya antara 60% hingga 70%. 

Kondisi tanah yang baik untuk porang adalah tanah dengan tekstur lempung berpasir dan bersih dari alang – alang dengan PH 6 sampai 7. 

  1. Dengan Mempersiapkan Lahan 

Selanjutnya cara menanam porang dari katak adalah dengan menyiapkan lahan terbuka. Saat Anda menanam porang di lahan terbuka bisa tumbuh baik dan normal asalkan diberi naungan seperti paranet agar intensitas cahaya matahari tidak berlebihan.

Namun lokasi terbaik untuk Anda dalam budidaya porang adalah di bawah naungan pohon dengan intensitas cahaya matahari 60% hingga 70% saja. Berikut adalah langkah – langkah untuk menyiapkannya. 

  • Pertama bersihkan lahan terlebih dahulu dari gulma atau sisa tanaman 

  • Selanjutnya jadikan setiap 4 hektar menjadi 1 blok dan buatlah jalan untuk memeriksa selebar 2 meter sebagai pembatas balok 

  • Lala buatlah jalur dengan cangkul selebar 0,5 meter untuk menanam bibit  porang dari katak pada jalur yang sudah dicangkul tersebut

  • Setelah itu buatlah lubang tanam dengan ukuran lubang sebesar 20 cm 

  • Namun sebelumnya Anda bisa memberikan pupuk dasar sebelum umbi  dari katak ditanam dengan pupuk bokashi yang dicampur dengan tanah sekitar acir. 

  • Selanjutnya buatlah guludan dengan jarak 50 cm dan lebar guludan 50 cm  dengan tinggi 25 cm dan panjangnya sesuai dengan lahan. 

  1. Beberapa Tahap Menanam Porang 

Selanjutnya satu persatu bibit masukkan ke dalam lubang tanam dengan bakal tunas yang menghadap atas lalu tutup bibit tersebut dengan tanah halus atau tanah olahan sekitar 3 cm dan setiap lubang tanaman isikan dengan 1 bibit saja. 

Tanaman tersebut hanya mengalami pertumbuhan selama 5 sampai 6 bulan setiap tahunnya yaitu pada musim hujan dan diluar musim hujan mengalami masa istirahat dengan kondisi daun yang layu tampak mati. 

Untuk cara menanam porang dari katak setelah ditanam selama 3 tahun baru dapat dipanen untuk pertama kalinya.Selanjutnya tanaman ini dapat dipanen selama satu tahun sekali tanpa harus menanam kembali umbinya. 

Biasanya dipanen pada bulan april sampai juli pada saat tanaman ini mengalami masa durma. 

Demikianlah ulasan tentang langkah – langkah cara menanam porang dari katak atau biji yang bisa Anda praktekkan. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk Anda ataupun bisnis porang Anda. Terima kasih dan selamat mencoba semoga berhasil. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel